Minggu, 28 Oktober 2012

How To Make A Good Fanfictions

Anneyong Chinguuu.........
Sudah lama kita tidak berjumpa....
maafkan daku :p curhat dikit, ya... semenjak SMA ini, Bila jadi rada sibuk sama tugas sekolah yang gak tanggung-tanggung banyaknya. ditambah lagi project-project dengan admin Devi yang juga gak keburu. -__- sebenarnya, pengen langsung posting FF hasil bersemedi beberapa bulan, tapi belum bisa karena ada sesuatu yang menghalang.
Dan semoga pendapat bila ini bisa bermanfaat bagi Readers semua.....
Sorry for some typo :) Enjoy reading, don't forget to give your opinion ini comentar coloum.
Check It Out...........




How To Make A Good FanFictions



~~> Tokoh
       
Bagi sebagian Readers (pembaca) pasti yang menarik mereka untuk membaca FF itu, adalah tokohnya. Kenapa? Oke.. Untuk menjelaskannya, Bila bakal jelasinnya dengan sebuah perumpamaan. Misalnya gini, seorang ELF pasti akan lebih tertarik untuk membaca FF dengan Cast Super Junior. ELF psti akan mengesampingkan FF yang Castnya B1A4, Beast, atau yang lainnya. Karena mereka adalah ELF bukan Bana ataupun Beautiful. Jadi, pemilihan Cast pada FF menentukan banyak atau tidaknya Readers FF kamu kelak :)
Gak lepas dari "Siapa/Boyband apa yang kamu jadiin Cast utama di FF", kamu juga harus bisa menjelaskan karakter Cast utama itu dengan sejelas-jelasnya, tanpa membuat Readers bingung. Biasakan untuk menjelaskan karakter tokoh dengan menggunakan AUHTOR POV (*Sudut pandang penulis atau Author) Karena itu lebih baik dari pada menggunakan Cast POV (*sudut pandang tokoh) Karena kan, gak lucu kalau misalnya aku buat FF dengan Cast Minho, dan Minho menjelaskan sendiri sifatnya itu bagaimana ._.
Oh iya.... jangan lupa untuk menentukan bagaimana watak/karakter tokoh terlebih dahulu, sebelum kamu memulai membuat FF. Karena itu, bisa memudahkan kamu agar saat kamu membuat FF, tidak terjadi kebingungan akan karakter tokoh yang kamu ceritakan sendiri.

Sedikit tips, ini menurut aku dan berdasarkan pengelaman aku buat FF, ya teman...
Aku biasanya menggunakan karakter asli dari cast k-pop idol. aku bisa menemukan karakter asli si k-pop idol dari nonton Variety Show mereka. Kalo di VShow itu, biasanya ketauan banget karakter asli mereka. hal ini juga bisa membuat Reader (pembaca FF kita) menjadi lebih dapet feel saat baca FF kita. Hindari mengganti watak Cast k-pop idol sembarangan. Lebih baik menggunakan watak asli si cast k-pop idol dari pada menggunakan nama k-pop idol, tapi mengubah wataknya 180 derajat dari aslinya.
Misalnya gini, Bila buat FF dengan cast Key yang aslinya terkenal cerewet. di FF author buat watak/karakter Key itu pendiam, tertutup, pemalu, dan culun. gak seru kan? Readersnya juga gak bisa membayangkan gimana kejadian-kejadian di FF dengan watak baru yang kita buat. jadi intinya apa? Readers gak ngerasa/gak dapet feel-nya. Dab akhirnya, Readersnya gak suka sama FF kita. sedih kaaaaaannnn???


~~> Tema dan Jalan Cerita

Bagi sebagian Readers, mereka lebih mementingkan jalan cerita yang bagus, dari pada "siapa tokoh yang ada di FF tersebut" seperti apa yang Bila jelaskan di awal.
Hal ini juga berpengaruh loh dalam "suka tidaknya Reades dengan  FF kita"
Usahakan untuk mencari Ide cerita yang benar-benar baru dan Fresh! Memang sih, di dunia ini, gak ada yang namanya Ide cerita yang benar-benar baru dan Fresh. karena orang lain asti udah perbah memikirkan ide itu, bahkan membuatnya menjadi FF. Tap[i itu gak jadi masalah, Guys... sebab, yang dibutuhkan disini adalah, cerita yang benar-benar hasil pemikiran sendiri tanpa mencontek apalagi meng-copast punya orang lain dan mengganti nama Author nya dengan nama kita. Itu perbuatan buruk!!!! dan SANGAT BURUK Readears.... mohon jangan sekali-kali mencoba untuk melakukan itu!!!!!!
Gak masalah readers, ide kamu itubener-bener Fresh atau enggak. Yang keringat sendiri, dan tinggal kamu yang mesti bisa menjabarkan cerita tersebut dengan gaya bahasa yang baik dan benar :)

Sedikit Tips : boleh kok buat cerita dengan tema yang sudah sangat banyak beredar di FF lain, tapi buat cerita tersebut gak ketebak. Contohnya gigin, mungkin cinta segitiga udah banya dalam FF. tapi, jika kamu mau buat FF dengan tema cinta segitiga, buatlah dengan jalan cerita yang sulit ketebak, dan ending cerita yang mungkin gak ernah dibayangkan oleh pembaca.

~~> Gaya Bahasa

Hal ini juga mengambil andil enting dalam pembuatan FF. kenapa? Karena gaya bahasa yang ringan namun indah bisa membuat Readers lebih mudah memahami jalan cerita FF kita, dan juga Readers bisa daet feel nya. contohnya gini, bandingkan kalimat 1 dengan kaliman 2 :
        1 . Ia berjalan santai namun pasti. Melihat sekeliling, dan hanya diam melihat orang-orang yang berlalu lalang, tana mempedulikan dirinya yang ada disini.

        2 . Berjalan di Trotoar ini membuatnya sedikit santai. Mungkin karena suasana hatinya yang sedang campur aduk. menikmati setiap terpaan angin di rambutnya. Gadis ini memandng orang-orang disekelilingnya yang seperti tidak menyadari kalau ia berada disini, dan sendiri.

Nah,,, Gimana Chingu? keliatan bedanya kan? Kalimat 1 terlalu to the point tanpa menjelaskan lebih detail tentang keadaan di tokoh. Jujur kalau Bila sebagai pembaca di suatu blog, Bila bakal milih FF yang menggunakan gaya bahasa seperti kalimat 2 dari pada gaya bahasa seperti kalimat 1.

~~> Judul

Kalau yang satu ini, juga mengambil andil dalam "banyak atau tidaknya pembaca FF kita". Kenapa? Karena FF dengan judul yang menarik akan lebih banyak dibaca Readers dari pada FF dengan judul yang tidak menarik. contoh : FF dengan judul "D' Amour" akan lebih banyak dibaca dari pada FF dengan judul "aku cinta kamu" *promosi dikit*
Karena FF buat orang lain penasaran dengan isi dari FF itu. dan juga, kamu haurs perhatikan pemlihan untuk judul FF, karena, kalau ceritanya menarik, tapi judulnya enggak. kan sayang... FF kita yang bagus itu gak dibaca orang hanya karena judulnya -____-

Sedikit Tips : lebih baik menentukan judul di akhir saat kita sudah selesai membaut FF, dari pada membuatnya di awal. Karena, sadar atau tidak, membuat judul di awal akan mengganggu kita dalam proses pembuatan FF.

~~> Cover

Ini yang terakhir, chingu....
khusus untuk yang ini, gak perlu pusing ampe koprol 28 kali *inget sumpah pemuda, makanya 28 kali*. jangan pusing kalau kamu gak bisa buat cover FF. karena, banyak kok jasa-jasa pembuatan cover FF contohnya blog ini yang juga menerima pesanan cover FF. kamu tinggal isi formulir di laman "Order Cover FF" pada blog ini. :)) *promosi

Itu dia sedikit tips dan masukan-masukan buat kamu yang pengen coba buat cover FF. Chingu... ini pendapat Bila loh... boleh setuju, boleh enggak. Boleh ngikutin, boleh enggak, boleh juga menambahkan pendpat kamu sendiri di kolom komentar :)

Original Posting By Kpoperstory.blogspot.com dengan sedikit referensi dari Ichaichez.blogspot.com
Author : @nabilaSyafiqa / syafiqanabila.wordpress.com


  
Baca Yang Ini Juga, Chingu!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...